Friday, October 30, 2015

Unik kreatif –Lift Sepeda untuk Rumah Pohon Tanpa Tangga

Seperti pada umumnya rumah yang tinggi, kita tentu memerlukan tangga yang cukup melelahkan untuk mencapai puncak, apalagi jika rumah tersebut adalah rumah pohon dimana sebuah peristirahatan diciptakan pada batang pohon tinggi di kebun.

Terbang dengan Sepeda

Terbang dengan Sepeda
Berbeda dengan pemuda yang satu ini, lelahnya naik tangga telah disulap menjadi seperti naik sepeda dan mengayuhnya secara sangat menyenangkan.
dalam sebuah videonya berdurasi pendek … Ethan Sclussler mempraktekkan sepedanya sebagai bike elevator atau lift untuk naik ke rumah pohonnya yang cukup sangat tinggi, dengan kayuhan yang tidak begitu susah bahkan terlihat santai, serta waktu yang diperlukan hanya sekitar 15-20 detik, pemuda ini sudah berada di puncak dan tinggal melangkah masuk ke beranda rumah pohonnya yang keren dan unik dikelilingi indahnya pemandangan pepohonan yang asri.

Unik kreatif –Lift Sepeda untuk Rumah Pohon Tanpa Tangga

Saat turun
Ternyata turun dari rumah pohon ini si Ethan malah meluncur lebih cepat dari naiknya, tanpa membutuhkan tenaga, yang diperlukan hanyalah menahan kayuhan agar tidak terlalu cepat turunnya.
hanya butuh waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke tanah.

beranda puncak rumah pohon


Datangnya Ide
Sebenarnya jika diperhatikan pada foto diatas – masih terdapat tangga yang panjang milik Ethan, namun karena merasa capek dengan setiap hari naik turun tangga untuk pergi bekerja, maka akhirnya ethan memiliki ide cemerlang untuk menggunakan sepedanya yang sering nganggur sebagai Elevator / lifter / pengangkat.
Jadi sepeda tersebut selalu dalam keadaan terikat / tergatung dengan tali dan tidak dilepas lagi olehnya khusus digunakan sebagai elvator untuk naik ke rumah pohonnya.

Mau coba ???
Prinsip kerja dari sepeda lift ini adalah …

Perhatikan sebuah huruh “M” – pada huruf M terdapat 2 puncak dan 3 kaki bukan ?
Bayangkan huruf M sebagai tali panjang yang dibentuk demikian. Tinggi huruf “M” sama dengan tinggi dari tanah sampai puncak rumah pohon.
- 2 puncak tali tersebut dikaitkan pada pulley / pengait di puncak rumah, sedangkan tali yang terjuntai kebawah (3 buah kaki huruf M) di berlakukan sebagai berikut …
Juntaian tali pertama terikat pada roda depan, tali kedua terikat pada roda belakang.
Dengan demikian tali ini sebagai penegang, penarik sekaligus penyeimbang sepeda agar tidak roboh pula.
- dan juntaian tali ketiga adalah yang di tengah disambungakan dengan roda pengayuh dimana berfungsi sebagai pulley pemutar tali.
Tali tengah (kaki tengah huruf M) ini juga bisa sebagai pegangan tangan saat pengayuhan sepeda.

- Ketika engkol sepeda dikayuh oleh kaki, maka tali tengah akan memutar pada pulley engkol dan sepeda pun terangkat naik karena tali depan dan tali belakang ikut tertarik keatas.

Bingung gak ya ? jika bingung mungkin nanti bisa saya gambarkan untaian talinya ^_^

Baca Juga :

0 Comments:

Post a Comment

Ada Comment, saran atau Pertanyaan tentang perumahan atau lainnya, silakan tulis dibawah ini, Terimakasih.

Like & Dapatkan Update Terbaru

Artikel Acak

Memuat...